Rabu, Juni 23, 2010

Program Kamus Besar Bahasa Indonesia


Sudah lama saya menanti lahirnya software 'perangkat lunak' kamus bahasa Indonesia. Kamus ini penting dan sangat dibutuhkan oleh para penulis, jurnalis dan tentunya editor serta para praktisi bahasa. Karena, jelas, kamus digital jauh lebih praktis daripada kamus biasa sehingga lebih hemat waktu dan tenaga.

Sejak tahun 2007, saat mulai berkenalan dengan dunia tulis-menulis, sebenarnya saya sudah mulai mencari-cari perangkat lunak ini. Namun, sampai penghujung 2008 usaha saya tak kunjung berhasil. Saya sempat menemukan Kamus Bahasa Indonesia dalam bentuk Portable Document Format (PDF) yang tentu saja masih kalah praktis dibanding perangkat lunak/program kamus. Pada 4 Februari 2008 (?) Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional juga telah meluncurkan Kamus Besar Bahasa Indonesia daring (dalam jaringan, on line). Meski sudah agak praktis, tapi sambungan internet yang terkadang tidak stabil, ditambah akses ke situs yang sering gagal atau lambat (dulu) membuat pilihan ini lagi-lagi kurang bisa diandalkan.

Syukur, Mas Nidlol Masyhud, sang pangeran penyelamat, akhirnya hadir memberikan solusi. Mahasiswa pascasarjana jurusan Hadis universitas al-Azhar ini menawarkan bentuk baru dari kamus bahasa Indonesia yang lebih mudah digunakan. Data-data mentah Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi III, beliau unduh dan susun kembali dalam format CHM (fail kompilasi bantuan HTML Microsoft) yang bisa langsung dibuka tanpa harus menginstal program lain. Fail Kamus Besar Bahsa Indonesia versi CHM bisa diunduh di sini (4shared).

Dari keterangan Mas Nidlol, saya akhirnya mengenal Mas Steven Haryanto yang ternyata sudah lebih dulu membuat program Kamus Besar Bahasa Indonesia. Seperti tertera di blognya, program kamus ini mulai dilempar ke publik pada tanggal 21 Mei 2009 . Memang, program ini tidak sepenuhnya adalah hasil "kerajinan tangan" Mas Steven karena masih menggunakan platform Stardict. Stardict sendiri adalah perangkat lunak gratis lintas platform. Artinya, Stardict hanya menyediakan wadah, sementara isi dari kamus (daftar kosa kata, jenis huruf--Latin, Jepang atau Cina dll.) dibuat sendiri oleh pemakai. Maka, bila Anda menginstal program Stardict saja tanpa database bahasanya, Anda hanya akan mendapatkan tampilan kosong.

Kelebihan penampil KBBI karya Mas Nidlol adalah bisa dibuka tanpa proses instalasi. Sementara kelebihan KBBI versi Stardict karya Mas Steven terletak pada sugesti pencarian kata otomatisnya. Jadi, kita tidak perlu menekan tombol "Enter" pada keyboard untuk menampilkan hasil pencarian seperti pada versi CHM. Selain itu, Stardict juga bisa menampung lebih dari satu database dan menampilkanya dalam waktu yang bersamaan. Misalnya, saat ini, selain memuat database KBBI, saya juga memuat tesaurus bahasa Indonesia. Sehingga ketika saya mencari suatu kata, Stardict tidak hanya menampilkan arti kata tersebut, tapi juga sinonim-sinonimnya.

Instalasi KBBI versi Stardict

1. Unduh program Stardict di sini (pilih salah satu).
2. Instal Stardict yang baru saja diunduh.
  • Pada jendela pertama "Welcome to Setup Wizard" klik "Next"
  • Pada jendela "Licence Agreement" klik "I Agree"
  • Jendela berikutnya "Install Ask Toolbar": klik tiga opsi yang ditawarkan untuk membatalkan pencentangan (instalasi Ask Toolbar dll.)
  • Pada jendela "Choose install location" klik next
  • Klik "Install"
  • Finish (selesai)
3. Unduh database Kamus Besar Bahasa Indonesia di sini.
4. Ekstrak fail tersebut di: C:\Program Files\StarDict\dic.
Copy
tulisan ini: "C:\Program Files\StarDict\dic" (tanpa tanda petik) lalu paste di address bar explorer komputer Anda (kotak alamat, seperti address bar di firefox)
  • Bila kesulitan, silakan ekstrak di mana saja Anda mau. Copy folder hasil ekstraksi "stardict-kbbi-2.4.2"
  • Buka drive C (drive pertama), cari folder "Program Files", buka! Lalu buka folder "Stardict", tepat di bawahnya Anda akan menemukan anak folder "dic", paste/letakkan folder hasil ekstraksi di "dic".
  • Ekstraksi dilakukan dengan cara klik kanan pada file yang berbentuk ".rar", pilih "extract here". Bila di komputer Anda belum ada program Winrar, silakan unduh di sini dan instal.
5. Untuk menjalankan program Stardict, silakan lihat desktop Anda, klik dua kali shortcut Stardict yang biasanya sudah ada di sana secara otomatis. Atau klik start menu, "All Programs", "Stardict", "Stardict".

Secara otomatis fitur scan Stardict langsung aktif setelah instalasi. Fitur ini berfungsi menampilkan arti kata yang sedang ditunjuk oleh kursor Anda, baik ketika browsing maupun saat menulis di Microsoft Word. Untuk menonaktifkan fitur ini, klik kanan ikon Stardict yang ada di Taskbar (pojok kanan bawah), lalu klik tulisan "Scan" untuk menghapus tanda centang (membatalkan pilihan "Scan").

Terimakasih sedalam samudra untuk Mas Nidlol Masyhud dan Mas Steven Haryanto atas kerja kerasnya menghadirkan KBBI luring (luar jaringan, off line) sehingga bisa kita nikmati bersama.



Tulisan lebih baru tentang topik ini dengan perangkat lunak tambahan lainnya berikut komparasi (review) ada di sini.
Share:

3 komentar:

  1. Terimakasih telah berbagi softwarenya, gan. Mampir juga di My Tutorial, ya.. Salam..

    BalasHapus
  2. salam kenal mas, saya rencananya membuat TA ttg spelling checker, dan membutuhkan database bahasa indonesia, saya bs dpt dimana ya? kalo bisa sih formatnya .sql spy lebih mudah untuk mengekstraknya, trims..

    BalasHapus
  3. Tutorial: Makasih juga, Gan, atas kunjungannya. Blog agan keren... lanjut, Gan! :D

    Muni: saya kurang paham ttg database, soalnya bukan programmer. :D Tetapi Anda bisa menghubungi Mas Ebta Setiawan di: http://ebsoft.web.id/ atau Mas Steven Haryanto di: http://steven.blogs.masterweb.net/
    Semoga membantu. :)

    BalasHapus