Kamis, Oktober 14, 2010

Tesaurus Bahasa Indonesia

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi III (2005), tesaurus adalah "buku referensi berupa daftar kata dengan sinonimnya" atau "buku referensi berupa informasi tentang berbagai perangkat konsep atau istilah dalam pelbagai bidang kehidupan atau pengetahuan". Secara singkat, untuk lebih memudahkan penyebutan, tesaurus kita sebut saja sebagai kamus sinonim yang dalam bahasa Arab disebut mu'jam al-mutarâdifât.

Pengetahuan tentang sinonim kata memang bukan merupakan satu keharusan, karena menurut saya ia hanya berfungsi sebagai pelengkap. Namun, perbendaharan sinonim yang kaya jelas akan sangat membantu penulis untuk memperindah tulisannya, menghindari istilah-istilah sulit atau ambigu, dan menghindari pengulangan-pengulangan yang bisa mengurangi nilai artistik tulisan.

Bagi yang berminat, silakan unduh database tesaurus bahasa Indonesia di sini atau di sini. Petunjuk instalasi dan pemakaiannya bisa dilihat dalam tulisan saya sebelumnya tentang program penampil Kamus Besar Bahasa Indonesia. Lagi-lagi, saya harus berterimakasih kepada Mas Steven Haryanto atas jerih payahnya membuat program penampil KBBI dan tesaurus bahasa Indonesia ini.



Share:

4 komentar:

  1. cara mengconvert ke format .bin bagaimana ya?

    BalasHapus
  2. Saya tidak tahu. :D Menginstal tesaurus di atas tidak perlu mengonvert. Maaf.

    BalasHapus
  3. Petunjuk instalasi dan pemakaiannya tidak bisa dibuka.
    ada link lain?
    mohon di bantu, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://www.aiwa.web.id/2010/06/program-kamus-besar-bahasa-indonesia.html

      Hapus