Rabu, Mei 18, 2011

Update Blogger (Perbarui Editor Blogger)

Saya baru memperbarui editor blogger di blog saya kemarin. Sebelumnya, editor blogger adalah versi lama karena blog saya dibuat tahun 2008 yang lalu. Editor blogger adalah barisan fitur seperti penentu jenis font, ukuran font, warna tulisan, pengimpor gambar atau video dan lain sebagainya. Editor blogger terletak tepat di atas kotak kosong yang akan diisi postingan. 

Dalam editor blogger versi terbaru ini disertakan fitur "read more" yang otomatis akan memotong postingan kita. Fitur ini sepertinya meniru Joomla yang sudah terlebih dahulu menyediakan menu "read more" di editornya. Ini mungkin alasan utama saya untuk meng-upgrade atau memperbarui editor blogger. 


Untuk memperbarui editor di blogger, kita cukup masuk ke menu "settings" di dasbor (dashboard) seperti dalam gambar di bawah ini. [Untuk menuju dasbor silakan login terlebih dahulu atau tulis di address bar browser: http://www.blogger.com/home]


Setelah mengklik "settings", kita akan dibawa ke halaman pengaturan blog. Tidak perlu beralih ke tab lain di halaman tersebut, cukup scroll down saja mouse hingga sampai ke tampilan seperti di gambar: 

Pilih "Updated editor" bila ingin memperbarui editor. Kita bisa kembali ke editor versi lama bila ternyata kurang menyukai versi terbaru, kalau tidak salah. :D

Fitur "read more" yang saya sebut di atas berada di samping pengimpor video, berbentuk seprerti kertas potrait yang disobek [sering disebut "jump break", seperti ditunjukkan gambar berikut:


Untuk memotong artikel, klik di daerah spasi [kosong] antara paragraf lalu klik gambar kertas potrait sobek tersebut. 

Upgrading  ini hanya berlaku bagi blog-blog lama. Blog-blog baru, kalau tidak salah sudah secara otomatis memakai editor versi baru [yaiyalah]. :)
Share:

1 komentar: