Jumat, Juni 10, 2011

Dual Booting Windows 7 dan Linux Mint: Mukadimah


Dual booting adalah istilah yang digunakan untuk menyebut komputer/laptop yang memiliki dua sistem operasi yang sama-sama aktif, seperti dual booting Windows 7 -  Linux Mint, Windows 7 – Windows XP, Windows 7 – Ubuntu dsb.  Pada saat booting (masuk) pengguna akan diminta memilih sistem operasi apa yang akan ia gunakan ketika memakai komputer tersebut.

Tulisan berikut berikut adalah mukadimah tutorial instalasi Linux Mint di komputer yang sudah memiliki Windows 7 di dalamnya. Saya bukan Linux Expert atau Computer Expert, tulisan dan tutorial yang ditulis di sini hanya berdasarkan pengalaman dan sedikit pengetahuan hasil googling. :)

Dari segi partisi, metode instalasi Linux Mint (dual booting) bisa diklasifikasikan dalam 4 kategori:


  •     Full installation (fresh installation) atau menginstal linux secara integral, sepenuhnya dan paripurna. Cara ini adalah cara yang paling saya rekomendasikan karena cara ini biasanya minim masalah. Dengan cara ini pula semua fitur dan layanan Linux bisa dinikmati secara optimal. Full installation mengharuskan Anda menyediakan partisi khusus (drive khusus) untuk “tempat kerja” linux di komputer Anda.


  •     Instal linux seperti software. Metode instalasi ini menggunakan “jembatan penghubung” yang dinamakan mint4win (baca: mint for win). Mint4win akan “menyulap” Linux Anda menjadi persis seperti software namun memiliki kemampuan OS (Operating System). Dikatakan seperti software karena Linux pada metode ini akan terbaca seperti program-proglam lainnya di Windows, dan tentu saja bisa di-uninstall atau di-remove melalui control panel Windows. Kelemahan metode ini terletak pada ketidakoptimalan instalasi linux. Maksudnya, karena masih bersifat software, seringkali banyak keluhan muncul, seperti drive/partisi Windows yang tidak terbaca dsb.


  •     Install side by side with Windows. Artinya, Linux Mint diinstal berdampingan dengan Windows di drive C. Saya belum pernah mencoba metode ini karena khawatir bila terjadi apa-apa, Windows saya bisa hilang. Saya tidak merekomendasikan metode ketiga ini.

  •    Instal di mesin virtual. Mesin virtual (virtual machine; komputer virtual) adalah sistem operasi yang diinstal dalam program semisal Virtual Box, VMWare atau Parralels dsb. Virtual Box dsb ini adalah software yang berfungsi sebagai komputer dalam komputer Anda. Jadi, saat Anda menjalankan Windows 7 misalnya, dengan Virtual Box dll Anda juga bisa membuka OS lain, full screen, dan dengan kemampuan nyaris sempurna seperti bila diinstal di komputer asli. Bila ingin coba-coba, cara ini mungkin salah satu yang paling aman.
Pra instalasi

Sebelum menginstal, hendaknya perhatikan dulu hal-hal berikut:


Mengapa memilih Linux Mint?


Linux Mint bukanlah sistem operasi terbaik di dunia ini, sama halnya dengan Windows, Ubuntu, Mac Os dsb. Banyak orang memilih Linux Mint dibanding distro Linux lainnya dengan alasan bahwa Linux Mint lebih user friendly alias mudah digunakan untuk pemula. 


Saat pertama kali mengenal Linux di tahun 2009, distro yang pertama kali saya pakai adalah Ubuntu. Tidak lama kemudian, saya sudah beralih ke Linux Mint karena satu alasan: rasa! Ya, pertama kali melihat Linux Mint 8 aka Helena, saya langsung jatuh cinta. Sejak saat itu, saya memilih setia pada Linux Mint hingga sekarang. 


Jadi, bagi saya, memilih distro Linux itu soal selera, silakan pakai distro yang sreg dengan Anda. 


[Lebih lanjut tentang Linux Mint, ilakan baca review Mbak Wiki tentang Linux Mint di sini.]

a.    Versi manakah yang akan Anda gunakan, 9, 10 atau 11?

Linux Mint 9 aka (also known as) Isadora adalah versi Long Term Support (LTS) Linux Mint. Artinya, versi ini akan terus dikawal, didukung dan dipantau hingga April 2013. Linux Mint 10 aka Julia akan habis masa berlakunya pada April 2012, sedang Linux Mint 11 aka Katya akan “expired” pada oktober 2012. Perlu diingat bahwa Anda tidak harus mengganti atau meng-upgrade Linux Anda bila sudah habis masa berlakunya. Semuanya akan baik-baik saja, tidak ada keharusan mengganti. Hanya saja, Anda akan ketinggalan informasi tentang fitur dan layan-layanan  yang ada pada versi Linux terbaru.

b.     Kenali arsitektur komputer Anda.

Pernah mendengar atau membaca simbol x64 dan x3? Kedua simbol tersebut adalah nama-nama arsitektur processor komputer. X64 adalah istilah yang digunakan untuk processor yang setiap register (unit terkecil penyimpanan data) di dalamnya berukuran 64 bit. Demikian pula dengan istilah processor x32: setiap register processor tersebut berukuran 32 bit. X32 sering juga disamakan dengan X86.

Sebagian program 32 bit bisa berjalan dengan mulusi di mesin berarsitektur 64 bit, ada juga yang tidak. Program 32 bit yang bisa dijalankan di mesin 64 bit jelas tidak maksimal, dalam artian bahwa ketika berproses ia hanya menggunakan setengah dari potensi yang ada di mesin tersebut (32 = ½ dari 64), sementara 32 bit lainnya tidak terpakai. Contoh, bila mesin (baca: komputer; processor) Anda berarsitektur 64 bit (x64) dan Anda ingin menggunakan program Winrar, maka Winrar 64 bit akan memberikan performa lebih baik daripada Winrar 32, karena Winrar 64 memanfaatkan semua potensi yang ada di mesin Anda, sementara Winrar 32 hanya memakai setengahnya.

Jadi, bila komputer Anda berarsitektur x64, tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena mesin x64 bisa menjalankan Linux x32 dan x64. Bila komputer Anda berarsitektur x32, Anda hanya bisa menjalankan Linux x32, tidak untuk x64. Sebabnya sudah jelas, mesin berbasis 32 bit masih minus 32 bit lagi untuk bisa menjalankan software 64 bit.

Untuk mengetahui arsitektur, klik start menu Windows di kotak pencarian “Search programs and files” ketik “System Information” tanpa tanda petik, lalu klik fail bernama “System Information”. Lihat “System Type”, apakah x64 atau x86/x32.



 Info lebih lanjut tentang apa itu "bit" dan "byte" silakan baca artikel ini. :)



c.       Versi CD atau DVD?

CD atau DVD tidak jauh beda. Linux Mint Versi CD (690 – 716 MB) sedikit lebih ringan dibanding versi DVD yang beratnya sekitar 864 MB. Versi DVD lebih berat mungkin karena lebih banyak software bawaannya.

Syarat minimum instalasi


Minimum
Direkomendasikan
Processor x86
600 MHz
1 GHz
Memori (RAM)
256 MB
512 MB
Free space tempat Linux
5 GB
10 GB
Resolusi Monitor
800 X 600
1024 X 768



Siapkan partisi

Karena tutorial yang ada di bawah dibuat untuk dual boot Windows 7 – Linux Mint (9, 10 atau 11) metode pertama (full installation), maka sebelum menginstal kita harus menyediakan partisi/drive khusus untuk tempat linux.

Sesuai dengan syarat minimum di atas, kita akan mengambil 10 GB dari free space di hard disk. Bila Anda ingin menginstal banyak program nantinya, jumlah free space untuk Linux bisa ditambah menjadi 10 GB, 13, 14, 15, 16, 17 GB dst. 


Lebih lanjut tentang teknis menyiapkan partisi, silakan lihat [klik tautan]:

Buat Partisi atau Drive Baru di Windows 7

Cara Install Linux Mint 9 (Dual Booting dengan Windows 7)



Share:

25 komentar:

  1. Sama-sama, Bro... Blog sampean keren! :)

    BalasHapus
  2. bro ... mau tanya nih..
    aku punya laptop acer 4741G yg dah dual OS win 7 ult dan win xp sp3 ...
    xp nya jarang aku pake, pengin nyobain linux mint 9 .. bisa ga kalo instal linux-nya langsung pake drive yg selama ini di isi cuman xp ...
    trus perlu ngga instal driver hardware seperti vga, soundcard, dll setelah install linux ..
    maklum nih, buta tentang linux ...
    kalau iya, cari drivernya dimana ya ???

    thx before ... maju trus blog-nya

    BalasHapus
  3. Atas ane:
    Kalau maksudnya pengen nginstal linux mint 9 di tempat xp, artinya xpnya dihapus, ya bisa... :D
    Driver dll nanti linux nyari sendiri biasanya, makanya saat nginstal linux mint harus konek ke internet... dalam beberapa kasus emang driver laptop2 tertentu susah dicarinya, harus pake kode-kode tambahan [manual buanget]... tapi coba aja dulu... tutorial di google banyak kok... :)

    BalasHapus
  4. mas ane punya 80 GB HD sama 1 GB RAM, rencananya ane mau dual booting Linux mint 12 ama windows 7, kira2 bisa gak tuh ? klo bisa sebaiknya pembagian nya gmn ? :)

    BalasHapus
  5. Bisa. Tapi Windows 7-nya cari yg 32 bit dan gak usah tinggi-tinggi, Home Premium aja. [mudah-mudahan prosesornya pentium 4 ke atas ya].

    Tinggal dibagi aja sesuai selera. Windows 7 32 bit tu minta 16 giga, biasanya. Kalo linux mint, seperti tertera di atas, minimal 5 giga (mepet). Detil pembagiannya silakan baca artikel ttg cara instal linux mint 9 (linknya ada di akhir tutorial di atas).

    BalasHapus
  6. enaknya pake apa ya mas kalo mau nge burn linux???

    BalasHapus
  7. ama kalo nginstal linux full tanpa dual booting bisa nggak???

    BalasHapus
  8. Black Crow: bisa, instal di mesin virtual seperti Virtual Box. Dengan Virtual Box, kita bisa menjalankan 2 Sistem operasi dalam satu waktu dan di satu komputer.

    BalasHapus
  9. Assalam gan, ane mau tanya nih..
    installer sii mint udah ready nih tapi yg saya khawatirkan ketika menginstall linux ada beberapa driver laptop yg tidak terbawa..
    itu gimana mengatasinya gan..

    Oia mau kasii info aja nie gan, Laptop ane ASUS A42F series, apakah driver" yg ada di laptop nnti bisaa terbaca oleh linuxnya??

    BalasHapus
  10. Inspiration: di berbagai kasus, Linux Mint 9 masih belum bisa ngaktivin driver secara otomatis, paling sering biasanya driver suara kalo di laptop.

    Tapi, Linux Mint 12 kayaknya udah gak gitu, dah otomatis kebaca smua. Pake Linux Mint 12 aja.

    Masalahnya: Linux Mint 12 udah pake Gnome 3 yg gak mensupport animasi ekstra (compiz) seperti di Linux Mint 9-11 yg masih Gnome 2. Semoga di Linux Mint 13 nanti Gnome 3 dah support compiz.

    Masalah lain, laptop agan kan processornya sandybridge kan? Yg grapich cardnya nyatu sama prosesor (Intel HD Graphic). Di Linux Mint 9 ane gak tau gimana ngaktifinnya, gan... kalo di LM 12 otomatis keinstal setelah kita apdet smua. Cuma ya itu, LM 12 kan Gnome 3, jadi compiznya gak jalan. :)

    BalasHapus
  11. salam ,,,
    bos mau tanya nih ,, saya ada masalah dgn linux mint 12 , pas sya login user udah msuk, pointernya ngk jalan [jd g' bs ngapa2in]
    sya restart dan cb lgi jg seperti itu,
    restart selanjutnya sya pilih mode recovery, skrg ketik pasw aja dah g' bs lgi, layarnya aneh ... Cckckckkk

    >>>kendala nya mgkin sya update pembaharuan dan gagal ditengah jln krn jringan putus ,, apa krna itu pengaruh nya, truz klw dah seperti itu apa hrus di "lembiru" ,, ?? :D
    tQ
    [sya pake' 2 os]

    BalasHapus
  12. a.k.a:
    diagnosa yg ada di pikiran ane:
    itu namanya freezing, ato bahasa laennya heng :D
    Heng/freezing tu banyak faktornya, bisa terjadi karena salah satu program yg kebuka bermasalah, atau bisa juga gnome3-nya gak cocok... :D

    Saran ane paling radikal: instal lagi linuxnya, kalo udah jelas gak cocok sama LM 12, coba ke 11 atau 9. Saya sendiri masih lebih suka LM 9 atau 11 dibanding 12. Banyak yg bilang 11 lebih mending ketimbang 12. Mudah2an LM 13 ntar lebih fresh.

    Maap kalo kurang membantu. Pake Linux emang harus sering otak-atik, ane bisa nginstal 3-4 kali sehari cuma buat nyoba-nyoba. Gud lak... :)

    BalasHapus
  13. permisi mas, mw nanyak buat download linux mint dimana ya?
    soalnya saya blom punya mas, hehe
    mohon bantuannya

    BalasHapus
  14. Atas ane:

    Silakan download Linux Mint di: http://www.linuxmint.com/oldreleases.php

    BalasHapus
  15. mas, laptop sy pake 2 os,ubuntu 11.04 ama windows7,rencana mo upgrade 11.04 ke 12.04,gmn caranya mas?trus klo mo coba pake virtualbox hrs seting partisi ga?pngen jg cobain linux mint tp pake virtualbox,jd ada 3 os di laptop.tks.

    BalasHapus
  16. Anonim atas ane:
    Cara upgrade: Klik update manager, nanti di sana akan muncul kotak dialog yg bilang bahwa versi terbaru ubuntu sudah tersedia, klik upgrade. Kalau mau cara radikal: instal ulang/fresh installation make ubuntu terbaru. :)

    Ini tutorialnya (bahasa Inggris, terjemahin aja pake http://translate.google.com) : http://askubuntu.com/questions/110477/how-do-i-upgrade-from-10-04-or-11-10-to-12-04

    Virtual Box, seingat saya, gak pake setting partisi khusus, dia ngambil space dari C.

    BalasHapus
  17. gan kalo laptop asus bisa gk di install linux

    BalasHapus
  18. Bisa, Gan. Asus, Toshiba, Acer, Lenovo, Dell, Fujitsu, Sony, HP, bahkan Axioo dan laptop produk dalam negeri, semua bisa. Coba aja. Kalau takut terjadi apa-apa, coba pakai virtualbox. :)

    BalasHapus
  19. Linuxmint13 codename 'maya' dunks

    BalasHapus
  20. Alfin: Ada apa dengan Linux Mint 13, gan? Apanya neh yg diminta? Kalo mau donlot, ini linknya:
    http://www.linuxmint.com/download.php

    Cara installnya gak jauh beda sama versi-versi sebelumnya. :)

    BalasHapus
  21. gan kalo instal linux mint 9 gk pake koneksi bisa gak ya,n kalau pake kneksi kira2 buat download component brp mb?hehe

    BalasHapus
  22. terimakasih mas tutorialnya.sungguh sangat membatu saya yang sedang ingin belajar linux

    BalasHapus
  23. assalamaualaikum, mau tanya saya barusan instal linux mint 14 dual boot dengan windows 7. ketika saya mau buka windows (pilih user windows) kemudian saya enter ternyata munncul tulisan seperti ini a disk read error occured press ctrl+alt+del to restart. saya sudah coba restart tapi hasilnya malah balik lagi seperti itu. kira2 kenapa ya windows saya?mohon pencerahannya.makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin grub windowsnya korup, silakan perbaiki grub dengan menggunakan windows 7 repair disk.

      Hapus